Wednesday, October 18, 2017

5 Jenis Framework PHP Terpopuler

jenis,php,framework,php framework,framework php,codeigniter,laravel,cakephp,zend framework,symfony
Jika anda seorang pengembang di suatu instansi yang mengeluti bidang web development , pastinya anda menggunakan PHP untuk membuat website yang kompleks . Namun siapa sangka project yang anda kerjakan sebelumnya memakan banyak waktu dan tidak tertata rapih bentuk kode nya . Walaupun adapun senior atau junior yang sudah rapih dalam menuliskan kodenya dalam paparan project web development .

PHP di kenal sebagai bahasa pemrograman server-side yang terpopuler hingga kini , Namun seiring berkembangnya zaman bahasa pemrograman PHP ini para developer membuat sebuah konsep MVC (Model View Controller) yang di pergunakan dalam PHP Framework . Framework PHP disusun lebih rapih dan terstruktur , dan keunggulan lainnya framework php dikembangkan banyak komunitas sehingga hasilnya lebih baik daripada mengerjakan project sendirian .


Sebelum membahas framework php yang populer , kita pahami terlebih dahulu bagaimana konsep OOP dan MVC . Object-oriented programming (OOP) adalah model bahasa pemrograman yang diatur di sekitar objek daripada "tindakan" dan data daripada logika. Secara historis, sebuah program telah dipandang sebagai prosedur logis yang mengambil data masukan, memprosesnya, dan menghasilkan data output.

Dan seperti apa itu konsep Model View Controller (MVC) ? Pada dasarnya konsep ini di buat atas dasar memudahkan para developer untuk membuat sebuah project dengan fokus . MVC merupakan kepanjangan dari Model View Controller  , yang memisahkan berbagai macam logika dan layout sehingga tugas dapat terfokus dalam satu titik dan bisa berbagi tugas dengan programmer lainnya .

5 Jenis PHP Framework Terpopuler

grafik,jenis,php,framework,php framework,framework php,codeigniter,laravel,cakephp,zend framework,symfony,populer

Mari kita mulai mengenal jenis-jenis PHP Framework yang populer dan sering di gunakan untuk membangun suatu aplikasi website . Berdasarkan gambar grafik google trend di atas menjelaskan urutan-urutan hasil pencarian trend selama 5 tahun pada mesin pencari .

Laravel

jenis,php,framework,php framework,framework php,codeigniter,laravel,cakephp,zend framework,symfony,populer

Laravel adalah platform PHP yang relatif baru saat itu, diperkenalkan pada tahun 2011 dan based on Symfony 2. Pendiri membangunnya untuk mengatasi beberapa masalah dengan platform CodeIgniter yang populer - yaitu kurangnya dukungan built-in untuk otentikasi / otorisasi pengguna.

Sejak saat itu, Laravel telah dengan cepat menjadi salah satu framework PHP yang paling populer bagi pengembang web. Fleksibel, terukur, dan mudah digunakan, Laravel menamai dirinya sebagai "The PHP Framework for Web Artisans" - dan kami cenderung setuju, mengingat rangkaian fitur yang kuat dan fleksibel.

Mari kita lihat beberapa fitur terbaik Laravel.
  • Built-in Database Query Builder - Laravel menyertakan built-in database query builder, yang membuatnya mudah untuk membuat dan menjalankan query database, dan bekerja dengan lancar pada semua sistem database yang didukung: mySQL, PostgreSQL, SQLite, dan SQL Server.
  • Dukungan Unit-Testing - Tidak seperti beberapa framework yang bersaing, Laravel hadir dengan dukungan unit-testing terintegrasi, yang memungkinkan Anda menguji setiap fitur secara terpisah dan menghilangkan kesalahan dan bug.
  • "Artisan" Command-Line Interface - Konsol komando Artisan adalah salah satu fitur paling kuat dari Laravel. Dengan daftar besar perintah yang tersedia, kemampuan untuk membuat perintah kustom, dan pilihan untuk berinteraksi dengan keseluruhan aplikasi Laravel Anda dengan hanya menggunakan command line, Artisan - menurut pendapat kami - salah satu konsol baris perintah PHP terbaik yang tersedia.
  • "Lumen" Micro-Framework - Untuk pengembangan PHP berdampak rendah, Laravel menawarkan mikro framework Lumen. Dengan kecepatan lebih dari 1.900 permintaan per detik, Micro framework ini menyediakan sejumlah besar fitur Laravel sambil mempertahankan kecepatan yang cepat.
  • Kompatibilitas REST API - Laravel memiliki kompatibilitas REST dan kompatibilitas API yang tidak sinkron, menjadikannya pilihan yang fantastis untuk pengembangan aplikasi web multiplatform lanjutan yang menggunakan REST API.
  • Dokumentasi Komprehensif - Dengan gudang dokumentasi resmi dan komunitas pengembang Laravel yang hebat, mudah untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang framework Laravel.
  • Penyebaran yang Mudah dengan "Envoyer" - Enveloy Laravel adalah alat penyebaran PHP sekali klik, nol-downtime yang telah dirancang untuk menjalankan aplikasi Laravel. Dengan mengelola penyebaran, mengkloning folder yang sesuai, dan menginstalasi kode repositori Laravel secara mulus, Envoyer memungkinkan pengembang untuk menyebarkan kode yang diperbarui - dengan benar-benar zero downtime.
  • "Spark" Scaffolding - Ingin menggunakan Laravel untuk pengembangan aplikasi yang cepat (RAD)? Laravel Spark menyediakan sistem perancah yang kuat dengan aplikasi prebuilt untuk otentikasi, penyetelan ulang kata sandi, autentikasi dua faktor, faktur, penagihan langganan, dan banyak lagi.
Untuk alasan ini dan banyak lagi, Laravel adalah salah satu framework PHP teratas yang tersedia pada tahun 2017.

Codeigniter

jenis,php,framework,php framework,framework php,codeigniter,laravel,cakephp,zend framework,symfony,populer

CodeIgniter adalah salah satu framework PHP tertua yang tersedia. Terfokus pada RAD, CodeIgniter dirilis pada tahun 2006 dan tetap populer di kalangan pengembang. Dan pada saat ini CodeIgniter sudah tersedia versi 3.1.6 yang lumayan banyak memperbaiki bug-bug nya .

Mari kita lihat beberapa fitur dan manfaat utamanya.
  • Dukungan MVC - CodeIgniter dikembangkan dengan arsitektur model-view-controller, sehingga menjadi pilihan populer untuk proyek pengembangan web yang memerlukan GUI khusus.
  • Small Footprint - Ukuran unduh CodeIgniter di bawah 2mb, dan desainnya yang ringan memberikan kecepatan maksimum dengan dampak kinerja minimum.
  • Keamanan yang Kuat - CodeIgniter memiliki keamanan bawaan yang melindungi dari serangan XSS dan CSRF yang umum, memberikan platform PHP yang aman bagi pengembang.
  • Great Performance - Speed ​​selalu menjadi fokus pada framework PHP open-source ini. Kode yang disederhanakan dan organisasi file sederhana mempermudah pembuatan halaman web yang cepat dan responsif.
  • Komunitas Aktif - CodeIgniter memiliki forum aktif, komunitas IRC, dan komunitas GitHub, di mana pertanyaan umum dapat dijawab dan para pengembang dapat terhubung untuk mendiskusikan proyek mereka.
Sementara CodeIgniter tidak membanggakan berbagai manfaat bagi pengembang, ini yang terbaik untuk proyek kecil. Meskipun CodeIgniter dapat meningkatkan kebutuhan tingkat perusahaan, namun kekurangan alat built-in dapat membuatnya agak sulit digunakan untuk proyek yang lebih besar.

Symfony

jenis,php,framework,php framework,framework php,codeigniter,laravel,cakephp,zend framework,symfony,populer

Symfony ini adalah framework PHP full-stack yang beberapa orang gambarkan sebagai framework MVC atau framework yang dipisahkan. Komponen Symfony 2 adalah perpustakaan PHP yang dapat digunakan kembali yang dapat diperlakukan sebagai stand-alones - keduanya dapat dikonfigurasi, diuji, dan aman.

Versi Symfony pertama diterbitkan sebagai perangkat lunak bebas pada tanggal 18 Oktober 2005, di bawah lisensi MIT. Seperti framework php lainnya, tujuan utama Symfony 2 adalah mempercepat pembuatan dan pemeliharaan aplikasi web dengan mengganti tugas pengkodean berulang. Tujuan utamanya adalah untuk membantu pengembang membangun aplikasi enterprise yang kuat.

Dalam hal penggunaan dunia nyata, situs Vogue Paris dibangun di atas framework. Symfony juga mengumpulkan data tentang proyek yang menggunakannya, serta situs-situs lain yang memanfaatkan framework ini.

Oke, tapi mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk bekerja dengan Symfony 2 ?
  • Dokumentasi Hebat - Kapan pun ada masalah, ada solusi dalam dokumentasi Symfony 2.
  • Sangat Customizable - Buat sendiri! Di sisi lain, jika Anda ingin menggunakan Symfony 2 tanpa strukturnya, Laravel akan menjadi pilihan yang tepat.
  • Satu Ton Komponen - Dengan lebih dari 30 komponen yang dapat dipilih, pengembang memiliki kebebasan untuk bereksperimen dan bekerja di lingkungan RAD.
  • Integrasi Mudah - API Symfony 2 memungkinkan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga, dan bisa digunakan dengan framework front-end yang populer.
Sementara Laravel mungkin merupakan framework PHP yang paling populer, Symfony 2 dianggap sebagai basis setidaknya beberapa di antaranya (termasuk Laravel).

CakePHP

jenis,php,framework,php framework,framework php,codeigniter,laravel,cakephp,zend framework,symfony,populer

CakePHP adalah framework php lain yang lebih tua, yang dikembangkan pada tahun 2005 ketika Ruby on Rails memerintah web. Tapi jangan biarkan usia membodohi Anda - itu terus seiring perkembangan zaman.

Saat ini, CakePHP berfokus pada penyediaan alat RAD yang hebat, menggunakan konsep MVC yang berorientasi objek, dan desain ringan yang mencakup fitur perancah yang kuat.

Mari kita lihat lebih dalam set fitur ini.
  • Code Generation / Scaffolding Features - Semua kerangka kerja PHP berfokus pada pengembangan aplikasi yang cepat dalam beberapa kapasitas, namun CakePHP menyertakan fitur pembuatan dan perataan kode tingkat lanjut yang dapat mempercepat laju pengembangan web kustom secara dramatis.
  • Built-In PHP MVC Frameworks - Dengan framework seperti keamanan, validasi data, caching, otentikasi, dan lebih banyak lagi yang ada dalam konsep MVC CakePHP, pengembangannya cepat dan mudah.
  • Gratis dan Open Source - CakePHP berada di bawah lisensi MIT, membuatnya gratis dan open source, bahkan untuk proyek pengembangan komersial.
  • Konfigurasi Otomatis - Tidak seperti beberapa kerangka kerja lainnya, CakePHP memerlukan sedikit penyesuaian atau konfigurasi dari pengembang. Sebagian besar pengaturan dan fitur diotodeteksi dan dikonfigurasikan sebelumnya - cukup sesuaikan pengaturan database, dan Anda siap untuk mulai mengembangkannya!
  • Skalabilitas untuk Setiap Proyek - CakePHP memiliki komunitas aktif, dokumentasi yang kuat, dan dukungan profesional. Ini menjadikannya pilihan tepat untuk proyek yang memerlukan skalabilitas tinggi karena ada banyak sumber daya yang dapat membantu skala proyek Anda secara horizontal dan vertikal.
Secara keseluruhan, CakePHP adalah kerangka kerja yang sangat bagus dan merupakan tempat yang tepat untuk memulai bagi pengguna yang membutuhkan kerangka kerja fleksibel dan fleksibel untuk RAD.

Namun, fitur set masih kurang dibandingkan dengan Laravel's. Jadi, ini adalah pilihan yang tepat untuk proyek yang lebih kecil, kami masih memilih Laravel untuk solusi web wide enterprise yang lebih luas.

Zend Framework

jenis,php,framework,php framework,framework php,codeigniter,laravel,cakephp,zend framework,symfony,populer

Zend Framework diciptakan dengan fokus pada kinerja, usabilitas, dan kesederhanaan - membuatnya populer di kalangan pengembang yang berfokus pada RAD.

Rilis terbaru adalah Zend Framework 3, yang mendukung PHP 7. Zend digunakan oleh beberapa perusahaan besar, termasuk BBC, Offers.com, dan AutoTrack. Manfaatnya meliputi:
  • Desain Berorientasi Objek Penuh - Zend menyediakan pengguna dengan desain berorientasi objek (OO) sepenuhnya. Hal ini memudahkan untuk memperluas fungsionalitas dan membuat fitur khusus yang dapat digunakan dalam proyek yang berbeda.
  • Alat Validasi yang Luas - Validasi data dari formulir bisa menjadi mimpi buruk bagi beberapa kerangka kerja PHP, namun Zend dilengkapi dengan alat validasi data yang kuat sehingga memudahkan untuk bekerja dengan formulir dan menolak data yang tidak valid.
  • Komponen Individu - Zend memungkinkan Anda untuk menggunakan setiap komponen MVC secara terpisah. Ini berarti Anda dapat memuat komponen kerangka individual sesuai kebutuhan Anda - dan Anda tidak akan pernah terjebak dengan fitur yang tidak Anda butuhkan.
  • Mudah Integrasi dengan Perpustakaan Lain - Zend mempermudah download dan menggunakan pustaka pihak ketiga dari kerangka kerja PHP lainnya, seperti Symfony. Hal ini membuatnya dapat disesuaikan dan dapat diperluas - meskipun dapat meningkatkan kompleksitas.
  • Kode Kode QC - Zend Framework yang tinggi memiliki pedoman masyarakat yang ketat untuk kontributor. Kode yang diunggah harus melewati standar QC, sesuai dengan standar pengkodean yang ketat, dan didokumentasikan secara menyeluruh.
Fleksibilitas Zend memang mahal harganya. Karena memiliki begitu banyak fitur, ia memiliki tapak yang besar - hampir 28 MB - dan ini tidak user-friendly, sehingga sulit bagi pengembang baru untuk memanfaatkan perangkat yang hebat ini.

Semua jenis php framework yang saya paparkan di atas merupakan salah satu dari yang terbaik dan mempunyai kelebihannya masing-masing . Dan sebenarnya masih ada banyak Framework PHP yang belum di sebutkan alias tidak populer namun tetap powerfull dan masih bisa bersaing dengan framework php pada penjelasan di atas .
  • Yii 2 Framework
  • FuelPHP
  • PhalconPHP
  • Slim Framework
  • PHPixie
Dengan demikian anda dapat memilih framework php apa sih yang cocok dengan kenyamanan anda , Anda dapat menyesuaikan dengan membaca dokumentasi pada framework tersebut .

2 comments:

  1. keren nih saat ini saya sedang belajar js dan ingin sekali memahami php

    ReplyDelete
  2. Wahh mantap, belajar yang semangat bahasa pemrograman php nya gan. kalo udh bisa paham baru deh pake framework php

    ReplyDelete

Tinggalkan Kritik dan Pesan Anda