Sunday, April 9, 2017

Pengenalan Bahasa Pemrogaman PHP

pengertian,pengenalan,fungsi,bahasa pemrograman,programmer,php,hypertext preprocessor,if else,html
PHP merupakan singkatan dari kata Hypertext Preprocessor , bahasa pemrograman berbasis web yang memiliki kemampuan mengolah dan memproses data secara dinamis . Bahasa pemrograman PHP hanya dapat berjalan di server saja (server-side) dan menghasilkan tampilan tertentu pada web browser client berbentuk bahasa pemrograman HTML biasa .

Dengan kata lain PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang memiliki bahasa multi fungsi , kita dapat membuat suatu website yang dinamis tanpa harus takut untuk terlihat orang lain pemrograman asli yang sudah kita bangun .

Ide munculnya bahasa pemrograman ini awalnya dari Rasmus Lerdorf , seorang programmer kanada yang berasal dari lulusan University of Waterloo mendirikan bahasa pemrograman PHP pada tahun 1994 . Dan pada saat bahasa pemrograman PHP merupakan singkatan kata Personal Home Page , yang artinya awalnya bahasa pemrograman ini di gunakan untuk membuat sebuah website pribadi saja .

Semakin pesatnya perkembangan jaman di era teknologi ini , bahasa pemrograman PHP kini telah berevolusi menjadi bahasa pemrograman web yang powerfull dan dapat membuat website yang dinamis seperti Joomla , Wordpress , dan masih banyak lainnya .

Kini bahasa pemrograman PHP sedang populer sekali di kalangan programmer dunia untuk membuat website yang dinamis , bahkan sekarang bahasa pemrograman ini sudah ada framework alias kerangka kerja yang di kontribusikan oleh programmer dunia . Jadi anda tidak perlu lagi repot untuk membangun dari kosong , anda hanya perlu mengimplentasikan sebuah library yang sudah tersusun rapih .

Membuat Static Page dengan PHP Framework Codeigniter


Berikut contoh pengimplementasian sebuah library php framework codeigniter untuk membuat halaman statik .

Implementasi Codeigniter Static Page

Pengimpletasian di atas bahwa pada halaman home hanya akan menampilkan teks "Selamat datang di Seal Geek" .

Penerapan if else pada PHP


Dan saya juga akan mempraktekan apa yang sudah saya katakan bahwa kita tidak perlu takut untuk di colong coding php yang sudah kita buat . Karena Apa ? Bahwa PHP tidak akan berfungsi bila tidak ada server yang menjalankan fungsi tersebut dan yang di hasilkan pun bukan teks php akan tetapi bahasa pemograman html .

Perintah Dasar PHP - if else

Bahasa Pemrograman ini pun tidak hanya bisa if else saja , tetapi masih banyak juga fungsi-fungsi mungkin akan lebih mempersingkat ataupun mengurangi waktu coding , seperti while , for (perulangan) , dan masih banyak lainnya .

Selain itu PHP juga bisa digunakan untuk membuat sistem login menggunakan database , dengan mengimplementasian session ataupun cookie yang akan tersimpan di database anda . Terima Kasih !

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Kritik dan Pesan Anda